Lifestyle

120.000 Warga Binaan Lapas Catat Rekor Dunia Poco-poco

Gemariau.com | Minggu, 05 Agustus 2018 - 13:32:46 WIB | dibaca: 34 pembaca

Berita Terkait :

GEMARIAU.COM - Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) mencatat sebuah peristiwa rekor dunia tarian Poco-poco yang sangat mengharukan.

Sebanyak 120.000 Warga Binaan Lapas di seluruh Indonesia menari massal Poco-poco dalam rangka menyambut Asian Games 2018 di Indonesia.

"Peristiwa ini merupakan peristiwa yang membahagiakan bagi seluruh penghuni Lapas, karena dilaksanakan dalam suasana kegembiraan dengan sentuhan kemanusiaan sejak latihan sampai pelaksaan pagi 5 Agustus 2018, ujar Direktur MURI Aylawati Sarwono dalam keterangannya kepada Redaksi RMOL, Minggu, (5/8/2018).

Poco-poco, lanjut Ayla, adalah tarian modern khas Indonesia yang diiringi oleh lagu yang berjudul poco-poco, yang diciptakan oleh pencipta lagu berkebangsaan Indonesia asal Ambon bernama Arie Sapulette dan dinyanyikan oleh penyanyi ternama saat itu Yoppie Latul. Lagu ini dipopulerkan oleh TVRI dalam sebuah program acara Dansa Yo Dansa, sehingga menjadi tari pergaulan yang populer di Indonesia .

"Kementerian Hukum dan HAM sebagai penggagas dan penyelenggara peristiwa ini, telah ikut mengangkat budaya Indonesia dan menggelorakan 'Semangat Kebanggaan Nasional' tanpa harus tunduk pada segala macam persyaratan yang didiktekan oleh lembaga asing, yang bahkan tidak mengerti tentang budaya Indonesia," ujar Aylawati.

Ditegaskannya, MURI mengabdi selama 28 tahun, mencatat semua peristiwa superlatif bangsa Indonesia dan bahkan ribuan di antaranya adalah rekor dunia.

"Setelah 73 tahun Indonesia merdeka, sudah saatnya Bangsa Indonesia meninggalkan sifat inlander kompleks dan menjadi bangsa yang bangga, percaya diri serta mandiri dalam menyatakan kepada dunia tentang kekayaan budaya dan prestasi bangsa Indonesia oleh bangsa Indonesia sendiri," imbuh Aylawati. (gr)



comments powered by Disqus